Pantai Sanggar Tulungagung


Pantai Sanggar Tulungagung - Provinsi Jawa Timur serius membangun pariwisata yang ada di daerahnya seperti kota-kota yang ada di sana salah satunya yaitu Kota Tulungagung. Bagi yang belum pernah berkunjung ke kota ini pasti akan bertanya objek wisata apa saja yang ada disini. Kota Tulungagung kini memiliki wisata bahari seperti Pantai yang beraneka ragam dan siap menyambut pengunjung dengan pesona alamnya.

Salah satu Pantai yang mulai berkembang di Kota Tulungagung yaitu Pantai Sanggar yang berada di Jegglungharjo, Tanggung Gunung. Pantai ini tergolong ke dalam objek wisata yang masih baru sehingga belum ramai dikunjungi wisatawan domestik apalagi turis asing. Pantai Sanggar adalah Pantai dengan pasir berwarna putih dan bersih serta jauh dari kata kotor akan sampah.

Harga Tiket Masuk di Pantai Sanggar
Bila Anda ingin melakukan aktivitas liburan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal, datang saja ke Pantai Sanggar karena tiketnya gratis. Di Pantai ini tidak ada tarif yang diberlakukan untuk setiap pengunjung yang datang karena memang belum begitu terjamah. Tarifnya yang murah sangat cocok dikunjungi khususnya oleh para traveller dengan budget yang minim.

Pantai ini masih satu jalur dengan Pantai lain yang ada di Kota Tulungagung seperti Pantai Ngalur dan Pantai Sine. Lokasinya yang sejalur dengan objek wisata lain membantu Anda untuk sekaligus mengunjungi tiga Pantai tersebut secara bergantian. Pantai Sanggar memang belum diperhatikan oleh Pemerintah Kota Tulungagung sehingga objek wisatanya belum berkembang.

Salah satu alasan Pantai ini jarang dikunjungi yaitu akses jalan untuk sampai di lokasi cukup terjal walau jalan sudah beraspal. Tak hanya itu saja, bila datang ke Pantai Sanggar Anda tak dapat membawa kendaraan yang beroda lebih dari dua. Melewati akses jalan yang disediakan hanya dapat memakai kendaraan roda dua seperti motor saja, itu pun harus berhati-hati.

Menurut pengunjung yang pernah datang, medan jalan akan semakin menjadi ketika hujan turun karena tanah akan menjadi lumpur. Perlu diketahui bahwa di antara jalan yang beraspal masih ada beberapa tanah sehingga Anda dihimbau untuk selalu berhati-hati. Namun, setelah melalui medan yang cukup terjal dan melelahkan, Anda akan diberi pemandangan akan indahnya Pantai yang menawan.

Bila Anda tidak memiliki keberanian untuk menunggangi motor sendiri, Anda dapat memarkir kendaraan yang dibawa di rumah salah satu warga. Lalu Anda melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau memesan ojek lokal yang berada di sekitar lokasi. Hal ini sangat membantu para pengunjung khususnya para wanita yang masih ketakutan bila melewati jalan dengan medan yang menantang.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sanggar
Jarak Pantai Sanggar dari pusat kota yaitu sekitar 40 kilometer meter dengan waktu tempuh satu jam lebih beberapa menit. Hal ini disesuaikan dengan kondisi jalanan saat Anda pergi dan berapa kecepatan yang Anda pacu kala itu. Rute yang harus dilalui yaitu lakukan perjalanan di Jalan Pesantren lalu setelah dua kilo meter belok ke kanan.

Setelah sekitar satu kilometer meter berbelok ke kiri menuju Jalan Raya Tambakrejo kemudian terus ikuti jalan sejauh empat kilo. Lalu belok kanan menuju Jalan Raya Sambidoplang, ikuti arus jalan yang ada kemudian berbelok kanan saat menemukan Kantor Kecamatan. Saat itu Anda telah sampai di Jalan Raya Karangtalun dan lakukan perjalanan sejauh 24 kilometer meter, Anda akan sampai di Pantai Sanggar.

Obyek Wisata di Pantai Sanggar
1. Pantai Pasir Putih
Di Pulau Jawa, Pantainya identik dengan warna pasir yang coklat, namun berbeda dengan Pantai Sanggar di Tulungagung. Pantai ini mempunyai warna pasir yang putih dan juga bersih terhindar dari aneka sampah yang mengotori kealamiannya. Pasir yang ada di Pantai ini aman digunakan untuk bermain, khususnya apabila datang bersama si kecil yang hobi bermain pasir.

2. Karang
Pantai Sanggar memiliki banyak karang yang besar, bahkan karang itu berada tak jauh dari bibir Pantai sehingga dapat dilihat pengunjung. Karang ini mencegah menerobos nya ombak ke area pengunjung, karang ini sebagai penghalang datangnya ombak yang besar. Selain memiliki fungsi itu, karang juga membuat para pengunjung dapat melihat langsung ombak laut yang menerpa.

3. Ikan hias dan Bulu Babi
Objek wisata lain yang ditawarkan Pantai Sanggar yaitu terlihatnya ikan-ikan laut dengan ukuran kecil di sekitar bibir Pantai. Tak hanya itu saja, hewan laut lain seperti bulu babi juga dapat Anda secara langsung bila datang ke Sanggar. Pemandangan ini dapat Anda lihat melalui karang yang ada di sekitar Pantai, dianjurkan untuk selalu menjaga keselamatan karena Pantainya sepi.

4. Lokasi Camping
Salah satu aktivitas yang kerap dilakukan anak-anak muda di Pantai yaitu camping atau berkemah dengan para kawan. Begitu pula hal yang dapat dilakukan di Pantai Sanggar, disini Anda dan seluruh kerabat dapat berkemah menyatu dengan alam. Tempatnya yang masih sepi dan asri memberikan kesan indah bagi semua pengunjungnya khususnya para pekemah.

5. Spot Sunset dan Sunrise
Terkait dua hal ini, Pantai memang tak perlu diragukan lagi karena selalu memberi pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang indah. Anda hanya perlu menyesuaikan waktu mana yang ingin dinikmati dengan datang lebih awal sebelum sunrise atau sunset tiba. Jangan lupa abadikan momen yang menyenangkan ini dengan kamera atau Smatrphone yang dimiliki.

0 Response to "Pantai Sanggar Tulungagung"

Post a comment