Wisata pantai Gondo Mayit Di Blitar


Wisata pantai Gondo Mayit Di Blitar - Menyandang nama yang sangat mistis ternyata tidak membuat Pantai Gondo Mayit menyembunyikan keindahannya. Pantai Pasetran Gondo Mayit adalah salah satu lokasi wisata pantai di Blitar yang masih bersih dan alami dengan pemandangan yang mempesona.  Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Tambakrejo, pantai ini terletak di sisi timur Pantai Tambakrejo. Pantai Pasetran Gondo Mayit merupakan pantai yang terletak di Kecamatan Wonotirto, Desa Tambakrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Dalam bahasa Jawa, Gondo Mayit memiliki arti bau mayat. Seram memang, tapi sebenarnya ini adalah nama sebuah pantai yang sangat indah. Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa pantai ini memiliki nama yang menyeramkan. Konon di pantai ini pernah ditemukan banyak mayat sehingga tercium bau mayat di sekitar pantai. Namun ini hanyalah sebuah cerita sejarah di masa lalu. Inilah yang membuat pantai di Blitar ini dinamakan Gondo Mayit. Selain itu juga terdapat pesanggrahan di pantai yang dipercaya merupakan tempat persinggahan nyi roro kidul.


Pantai ini masih sangat perawan, terbukti masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Perpaduan alam yang asri berkolaborasi dengan pemandangan pantai yang bersih menjadikan pantai ini terlihat sangat menawan. Air laut di Pantai Gondo Mayit sangat bening, mengundang Anda untuk terjun menikmati sejuk air dan hempasan ombaknya. Bibir pantai yang tidak cukup dalam membuat bentuk ombak memanjang yang sangat indah.

Pantai ini memiliki pasir yang landai, sangat pas dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Pasir putihnya sangat bersih, tanpa karang dan tidak ada sampah. Berada di sebelah selatan Jawa membuat Pantai Gondo Mayit dianugerahi ombak yang cukup besar. Mungkin baru ombak tersebut satu-satunya yang bisa menjadi daya tarik selain kealamiannya. Sebagian besar pengunjung yang datang adalah surfer yang ingin mencoba ganasnya ombak. Akan tetapi, tidak jarang yang hanya ingin bermain di pinggir pantai saja.

Anda perlu mempersiapkan topi maupun payung apabila datang ke tempat ini ketika siang hari karena suasananya sangat panas. Selain itu anda juga harus berhati-hati apabila bermain air di pantai ini, karena terdapat banyak bulu babi yang bisa melukai anda. Anda akan mendapatkan pemandangan yang bagus apabila datang di sore hari dan ketika airnya sedang surut. Aneka pernak-pernik karang akan nampak di permukaan. Pantai ini masih sepi dan alami dibandingkan pantai lainnya di Blitar.

Bagi Anda yang lapar, terdapat satu warung makanan di sini. Namun sebaiknya Anda membawa bekal makanan sendiri karena kurang bervariasinya makanan yang tersedia di sini. Untuk bisa masuk ke pantai ini anda cukup membeli tiket masuk seharga Rp. 6.000. Untuk menuju ke Pantai Pasetran Gondo Mayit, dari pantai Tambak berjalan menyeberang sungai kecil yang mengalir ke laut lalu menaiki bukit untuk ke seberang. Jika tidak mau lelah, bisa menyewa perahu untuk menuju ke Pantai Pasetran Gondo Mayit.


Untuk menuju ke lokasi dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari Kota Blitar, ikuti petunjuk ke Kademangan dan Tulungagung sampai di pertigaan jembatan Kademangan belok kiri mengikuti petunjuk ke Tambakrejo. Sampai di pertigaan terakhir sebelum Pantai Tambakrejo belok kiri sekitar 1 km kanan jalan terdapat kampung. Masuk ikuti jalan utama sampai di depan gapura ada papan petunjuk ke Pantai Pasetran Gondo Mayit.

0 Response to "Wisata pantai Gondo Mayit Di Blitar"

Post a comment